Skip to content

“Petugasnya ganti-ganti..”

September 7, 2008
tags:

Sedikit cerita tentang layanan dari sebuah bank swasta Indonesia.

2000

Bank: Alamat rekening ini di Kota X, ya Bu?

Saya: Benar. Ada masalah apa? Apakah saya harus ganti rekening atau ganti alamat? (Karena saat itu saya bekerja dan menetap di kota lain)

Bank: Tidak perlu. Bank ini kan sudah online.

2006

Bank: Alamat rekening ini di Kota X, ya Bu?

Saya: Benar. Ada masalah apa? Apakah saya harus ganti rekening atau ganti alamat?

Bank: Tidak perlu. Bank ini kan sudah online.

2007

Saya: Saya gagal transaksi menggunakan kartu debet. Padahal masih ada cukup uang di rekening dan kartu debet masih berlaku.

Bank: Oh ya, kami mengganti sistem keamanan karena ada suatu kejadian. Kami mohon ibu ganti kartu debet. Ibu tidak dapat pemberitahuan dari kami? Karena kami sudah menyampaikan hal ini kepada seluruh pelanggan.

Saya: Nggak tuh. Tidak lewat SMS, e-mail maupun surat.

Bank: Oh begitu ya. Kami mohon maaf.

Saya: Apa kartu lama masih bisa dipake untuk transaksi ambil uang lewat ATM?

Bank: Oh masih bisa, Bu.

2008

Saya: Saya gagal ambil uang lewat ATM, serta jaringan ATM lain. Saya paham ada pergantian kartu, meski tidak diberi tahu. Tahun lalu, saya diberi tahu bahwa kartu ATM masih bisa dipakai meski hanya untuk transaksi lewat ATM. Sekarang, ada masalah apa lagi??

Bank: Maaf Bu, apa sudah dicoba di ATM lain? (Didn’t you listen to what I just said??)

Saya: Sudah dan gagal. Jadi bagaimana?

Bank: Begini, kami mengalami penggantian kartu dan saat ini, kartu lama sudah tidak berlaku lagi. Kami mohon ibu segera ganti kartu di kantor cabang terdekat.

Saya: Tapi ini akhir minggu! (That’s it, I lost it)

Bank: Ada cabang yang buka pada akhir minggu. Di sini dan di sana.. (Menyebutkan lokasi dengan keukeuh..)

Saya: Kapan kartu pengganti jadi?

Bank: Satu minggu

Di Kantor Cabang

Saya melaporkan kejadian, meminta ganti kartu dan menyerahkan buku tabungan seperti yang Bank minta.

Bank: Alamat rekening ini di Kota X, ya Bu?

Saya: Sejak bertahun-tahun lalu saya selalu ditanya soal itu. Saya sudah tanya apa perlu ganti rekening, tapi katanya tidak perlu! (Tensi naik)

Bank: Iya, tapi untuk ganti kartu debet serta ATM, lebih baik ganti alamat rekening sekaligus. Ini untuk kemudahan ibu juga.

Saya: Whatever!

Bank: Mohon isi formulir ini.

Saya: Kapan kartu ini akan jadi?

Bank: Tiga hari lagi juga bisa.Hari Rabu.

Saya: Ambil di mana?

Bank: Di sini juga bisa.

Seminggu kemudian

Saya: Saya mau ambil kartu debet baru.

Bank: Sebentar, ya Bu. Saya lihat dulu ke dalam. (Setelah lama gak nongol-nongol) Ibu maaf, kartu ini masih di kantor pusat.

Saya: Katanya tiga hari. Ini sudah satu minggu!

Bank: Iya, kurirnya belum mengantar kemari.

Saya: (sejak kapan gue harus mengerti urusan internal perusahaan elu??) Jadi, kapan bisa diambil?

Bank: Belum tahu, karena kartunya masih di kantor pusat.

Saya: Hah?!

Bank: Bagaimana kalau saya kasih kartu sementara aja? Kartu ini bisa cepat jadi, karena tanpa nama dan foto.

Saya: Kenapa minggu lalu saya tidak ditawari hal itu?

Bank: Iya, kami orangnya ganti-ganti.. (Emang kaga ada prosedur standar untuk penggantian kartu dengan menawari kartu sementara??)

Saya: Bagaimana fitur dan keamanan kartu?

Bank: Karena tanpa nama dan foto, harus lebih hati-hati. Sepanjang ibu menyimpannya baik-baik, tidak masalah. Nanti yang dilihat hanya tanda tangan saja.

Saya: Saya jadi nasabah bukan baru kemaren, sih. Tapi kok layanannya kayak gini ya sekarang?

Bank: Saya tanya kurirnya lagi ya?

Saya: (menunggu dengan sebal) Beberapa menit kemudian, keluar orang lain. Nona yang tadi menemui saya sembunyi di belakang nona yang sekarang keluar.

Bank: Maaf, kartu ibu masih di kantor pusat, belum bisa diambil.

Saya: Makanya, lain kali yang jujur sama pelanggan!

2 Comments leave one →
  1. yazz permalink
    August 11, 2010 2:29 PM

    U cracked me up! Mestinya lu jadi stand-up comedian aja, wkwkwkwkwk

    • August 24, 2010 3:16 PM

      Someone else might say: Did you remember all those conversation? In fact, kalo lagi dendam, gue ingat semuanya 😀 😀

Leave a Reply

