Skip to content

Banda Aceh

October 28, 2002

mid september lalu gue ke acheh lagi.
sekarang kangen hal-hal berikut:


entah namanya apa. tapi ini keude kupi paling rame di ulee kareng. kalo gak salah “jasa ayah”

“keude kupi” dengan kursi plastik lebar bersandaran miring,
inong2 yang meski pake jilbab tetep press body ,
yang lewat mejeng di sekitar mesjid,
di sekitar jambo tape atau ulee kareng ke arah darussalam.

juga agam2 yang pake bahasa sok medan (tapi emang bener dari medan kali ye)
di keude kupi gaul di ulee kareng ke arah darussalam, yang muter blink 182!


ini perempatan depan masjid raya

lampu lalu lintas yang kayaknya forever mati,
lampu jalan yang tiap malem mati,
hardtop warna permen yang lewat tiap lima minit di simpang surabaya,
jembatan bheurawe yang kayaknya gak kelar-kelar digarap.

pulisi2 yang berdiri di simpang lima tiap pagi,
kfc dan cfc yang olweis rame kalo sore,
peunayong yang bagian jual ikannya kaga sedia ikan bakar (iya, abis ngerepotin sih),
peunayong yang jam enem mulai sepi mendadak setelah seharian keringetan.

rex yang bisa pesen apa aja ke mana aja (asal bayar!),
rex yang kalo ujan orang lari ke warung-warung di seberang jalan,
atau malah ngacir pulang sekalian.


ini pos tni di sekitar takengon, aceh tengah

pos-pos jaga yang gak jelas lagi punya brimob, kopassus, kostrad,
tentara yang bedilnya ke mana-mana,
orang-orang yang gak berani kelayapan di atas jam sembilan malam.

pengemis yang mulai ada di sudut2 jalan,
kuala tripa yang berpendar malam-malam padahal sebelah-sebelahnya mati,
mesjid raya yang dicat biru,
pelabuhan ulee lheu yang katanya udah jadi.


waktu itu ke sabang naik feri lewat pelabuhan krueng raya


sekarang ke sabang udah bisa dari pelabuhan ulee lhee, naik kapal cepat

jadwal feri krueng raya-sabang yang tetep aja bandel..
lhoknga yang tiga ikan bakar sama selusin fanta dan sprite dan nasi untuk lima porsi,
cuma enam puluh ribu saja,
plus pasir putih dan ombak lari-lari.


ini pantai lhoknga. konon “trademark”-nya, akar pohon yang terdampar di pantai

damn I miss acheh!

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: